Visi

Menjadi fakultas pertanian yang “Terkemuka, Modern dan Islami dalam Pendidikan dan Pengembangan Ilmu-ilmu Pertanian”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang mendukung pembangunan pertanian;
  2. Membentuk insan akademik yang profesional dan Islami yang memiliki integritas tinggi;
  3. Mempersiapkan lulusan yang profesional dengan berorientasi pada kepuasan stakeholders ilmu-ilmu
    pertanian pada umumnya dan khususnya pertanian perkotaan.
  4. Mempersiapkan kader-kader Persyarikatan Muhammadiyah untuk menjadi pemimpin bangsa yang berpihak kepada pembangunan khususnya pertanian;
  5. Mengembangkan kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan metodologi pembelajaran yang mengkombinasikan lecture center learning dan student center learning.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki keahlian dan keterampilan profesional di bidang ilmu-ilmu pertanian untuk mengantisipasi perkembangan IPTEK dan globalisasi.
  2. Menyiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki ilmu yang ilmiah dan iman yang amaliah sehingga bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang Islami, menguasai ilmu-ilmu pertanian yang dapat berperan dalam pembangungan pertanian, dan memiliki keterampilan yang memadai.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran

  1. Terlaksananya pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat serta Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Terwujudnya SDM yang memiliki integritas tinggi.
  3. Terjalinnya jejaring kerja (networking) yang bermanfaat dan efektif dengan steakholders
  4. Terwujudnya lulusan yang dapat menjadi kader persyarikatan Muhamadiyah yang dapat berkiprah di masyarakat khususnya dalam pembangunan pertanian.
  5. Tersusunnya kurikulum yang berbasis Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan metodologi pembelajaran yang berbasis student learning center.

Strategi Pencapaian Sasaran

  1. Menyediakan fasilitas pembelajaran yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran, baik dosen maupun mahasiswa dapat menggunakan fasilitas pembelajaran sesuai dengan mekanisme pemanfaatan dan penggunaan fasilitas tersebut. Adapun fasilitas-fasilitas pembelajaran yang yang tersedia dan dimanfaatkan oleh Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta diantaranya adalah gedung perkuliahan milik Universitas yang permanen, perpustakaan pusat, perpustakaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta, jaringan internet Wi-Fi secara gratis, laboratorium computer terpusat, dan laboratorium terpadu (Kimia, biologi, fisiologi, tanah dan kultur jaringan) dan Kebun Percobaan
  2. Proses pembelajaran dilakukan oleh dosen-dosen yang memiliki kualifikasi akademik yang baik, berpengalaman lebih dari 20 tahun, dengan tingkat pendidikan dosen tetap telah S2, beberapa S3 dan beberapa lagi sedang menempuh S2 dan S3. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran terlaksana secara baik, dan apa yang diinginkan dalam visi, misi, tujuan serta sasaran Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta dapat tercapai sesuai dengan waktu yang diharapkan.
  3. Menerapkan sistem pembelajaran student centre learning, mahasiswa terlibat secara mandiri dalam mendapatkan bahan ajar atau materi perkuliahan, literatur-literatur, serta informasi-informasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari mahasiswa yang bersangkutan, ataupun materi yang diberikan oleh masing-masing dosen.
  4. Melibatkan peran aktif kepada mahasiswa dalam berbagai kegiatan pendidikan dan pengajaran melalui kegiatan-kegiatan seminar, workshop, pelatihan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan oleh dosen atau bersama-sama dengan mahasiswa, dengan tujuan di samping meningkatkan pengetahuan, pengalaman, juga untuk meningkatkan kepekaan sosial terhadap berbagai permasalahan yang timbul pada masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai tanggungjawab kita semua terhadap perkembangan lingkungan sosial masyarakat.
  5. Mengundang para ahli baik sebagai praktisi maupun sebagai akademisi dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang sesuai dengan Program Studi maupun disiplin ilmu lainnya yang sangat berkaitan dengan Program Studi, seperti kegiatan kuliah umum.