Siap Terjun Ke Masyarakat, 303 Mahasiswa FIP UMJ Ikuti Pembekalan PLP KKN

Sebanyak 330 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) mengikuti pembekalan Program Lapangan Pendidikan (PLP) terintegrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2023/2024, di Aula Gedung Sekolah Pascasarjana UMJ, Kamis, (25/1/2023).

Baca juga : Mahasiswa UMJ Lakukan Benchmarking Dalam KKN Internasional

Sebelum diterjunkan ke lokasi pengabdian masyarakat, mahasiswa peserta KKN PLP dibekali materi yang disampaikan oleh tiga narasumber yakni Ahli Madya SMA Provinsi Banten Wilayah Kota Tangerang Selatan, Neni Handayani, Dosen FIP UMJ, Kukuh Setiawan, M.Pd., dan Guru Besar FIP UMJ, Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A.

Neni Handayani memaparkan tentang implementasi kurikulum merdeka. Melalui materi implementasi kurikulum, mahasiswa sebagai calon pendidik diharapkan dapat mengenali dan mengimplementasikan paradigma baru pembelajaran dan asesmen kurikulum merdeka.

Adapun prinsip pembelajaran paradigma baru yakni mengarah ke masa depan, mempertimbangkan kebutuhan capaian belajar peserta didik, menyesuaikan konteks kehidupan peserta didik, mendukung perkembangan kognitif dan karakter peserta didik, dan membangun kapasitas belajar peserta didik.

Sementara itu, Kukuh Setiawan, M.Pd., menyampaikan materi tentang editing video pembelajaran. Kukuh menjelaskan proses pembuatan video yang baik hingga ke tahap editing. Proses editing adalah membuat dan merangkai suatu cerita secara beruntun. Ia menyarankan agar mahasiswa dapat membuat video pembelajaran yang efektif berdurasi 5 sampai 10 menit.

Sebagai narasumber ketiga, Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A., membekali mahasiswa peserta PLP KKN tentang etika seorang guru dengan tema “Membangun Generasi Unggul Melalui Pendidikan Karakter dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Berkemajuan di Era Multiverse.”

Herwina menjelaskan, membangun generasi unggul melalui pendidikan karakter adalah suatu yang penting dan utama. Hal itu dapat diterapkan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan kurikulum. Selain itu, seorang guru dituntut untuk mempunyai karakter yang kuat.

Ketua Pelaksana PLP KKN Tahun Akademik 2023/2024 Hastri Rosiyanti, M.Pd., dalam laporannya menyampaikan beberapa hal dan teknis yang perlu dipersiapkan mahasiswa sebelum pelaksanaan KKN mulai dari tata tertib hingga pembuatan laporan PLP KKN.

Hastri berharap melalui pembekalan ini mahasiswa dapat mempersiapkan diri dalam mengoptimalkan pelaksanaan PLP KKN di lokasi yang telah ditetapkan dan tetap menjaga nama baik universitas.

Penyelanggaraan PLP KKN FIP UMJ tahun akademik 2023/2024 terbagi menjadi tiga jenis yakni KKN lokal yang berlokasi di Jakarta, Depok, dan Tangerang, nasional yang berlokasi di Wonosobo, Sukabumi, dan Gunung Kidul, dan internasional yang berlokasi di Jepang.

Editor: Dinar Meidiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *