MENPORA: Muhammadiyah Banyak Beri Kontribusi Pada Negara

Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Deputi Pembudayaan dan Olahraga Suyadi Pawiro menyebut Muhammadyah banyak beri kontribusi kepada negara baik pada bidang kesehatan hingga olahraga. Hal tersebut disampaikan pada gelaran Seminar IPTEK Olahraga prodi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (POR FIP UMJ) dengan tema Optimalisasi Sumber Daya Olahraga Sebagai Daya Tarik Pariwisata Kota Tangerang Selatan di Auditorium FIP UMJ, Selasa (23/05/2023).

Strategi pengembangan SDM olahraga pada sektor pariwisata nasional disampaikan Suyadi pada paparan materinya bahwa bidang olahraga sangat penting dalam menyangkut semua proses kelangsungan hidup negara baik pada sektor kesehatan maupun perekonomian.

Tidak hanya itu, pentingnya Sport Development Index (SDI) sebagai tolak ukur pembangunan olahraga di Indonesia pun disampaikan oleh Suyadi bahwa pembangunan olahraga bukan hanya dilihat dari seberapa sukses atletnya. Namun, bagaimana pelajar serta masyarakatnya baik dari usia dini hingga lansia dapat bergerak aktif, bugar, dan berkarakter unggul.

“Sebagaimana diketahui, SDI terdiri dari sembilan dimensi yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), ruang terbuka, partisipasi, kebugaran, literasi fisik, kesehatan, perkembangan personal, ekonomi, dan performa,” jelas Suyadi.

Adapun Indeks SDI nasional disampaikan Suyadi di tahun 2021 sebesar 0,408 termasuk kedalam kategori rendah. Kemudian, tiga dimensi yang memiliki indeks tertinggi yakni pada dimensi ekonomi, literasi fisik, dan perkembangan nasional.

Sedangkan pada tiga dimensi yang memiliki indeks terendah yakni pada dimensi SDM, kebugaran, partisipasi, serta dimensi kesehatan. Maka dari itu, bidang olahraga sangat penting dalam keberlangsungan hidup negara terutama pada sektor perekonomian.

Terlihat dari banyaknya jenis barang olahraga yang dibeli oleh masyarakat seperti sepatu, peralatan olahraga, supelmen, dan lain sebagainya. Wisata olahraga nasional pun menjadi tujuan utama pariwisata seperti Tour De Singkak, Borobudur Marathon , Moto GP Mandalika, Formula 1 Power Boat, Formula E Jakarata, hingga berbagai eventt olahraga di berbagai daerah lainnya.

Wakil Walikota Tangerang Selatan H. Pilar Saga Ichsan, S.T., M.Ars. menyampaikan dalam sambutannya bahwa UMJ banyak berperan aktif dalam mendukung kemajuan di bidang olahraga. Maka dari itu, menjelang PORPROV 2026 mendatang Tangsel yang menjadi tuan rumah meminta UMJ untuk dapat memfasilitasi pada acara tersebut.

“Tentu saja hal ini menjadi langkah awal dalam mengembangkan SDM atlet Tangerang Selatan nasional hingga internasional yang telah menyumbangkan banyak medali untuk Indonesia. Saya percaya kepada UMJ yang memiliki banyak atlet serta kamous yang memiliki fasilitas olahraga lengkap untuk dapat mensukseskan PORPROF 2026 mendatang,” jelas Pilar.

Selaras dengan itu, Wakil Rektor I (UMJ) Dr. Muhammad Hadi, S.Kp., M.Kep. pun berharap UMJ menjadi tuan rumah bagi para atlet dalam menempuh pendidikan sesuai dengan misi Tangsel untuk menjadi pusat pariwisata di bidang olahraga.

“Setiap orang membutuhkan olahraga sama halnya seperti nutrisi, umj yang memiliki banyak fasilitas olahraga mendukung Tangsel sebagai pusat pariwisata bidang olahraga,” tutup Hadi.

Gelaran Seminar IPTEK Olahraga merupakan serangkai acara dari Sport Education Festival yang akan dilaksanakan pada Rabu, 24 Mei 2023 mendatang dengan rangkaian acara Atlet Kids SD Se-Jabodetabek, dan Bazar di Lapangan Sepak Bola UMJ.

Editor : Budiman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *