Seminar

Semnastek 2016, Ajang Fakultas Teknik UMJ Menuju Universitas Riset

Semnastek 2016, Ajang Fakultas Teknik UMJ Menuju Universitas Riset

Iffah Rodliyatam | Rabu, 16 November 2016 - 14:20:24 WIB | dibaca: 4598 pembaca

JAKARTA, (KabarFaktual) - Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Semnastek) 2016 kembali digelar oleh Civitas Akademika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, di Aula Fakultas Teknik UMJ pada Selasa, 8 November 2016.

Acara Semnastek kali ini dibuka langsung oleh Rektor Dr. Syaiful Bakhri, S.H., M.H. dengan Key note  Speaker  Dr. Ir. Adiarso, M.Sc (Direktur Pusat Teknologi Sumberdaya  Energi dan Industri Kimia, BPPT) dan Prof. Dr. Ir. Danang Parikesit (Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia dan Koordinator CEIPS PII dan Guru Besar Teknik Sipil, UGM).

Dalam sambutannya, Rektor UMJ mengatakan, Ini merupakan terobosan untuk dapat mewujudkan kerjasama Akademisi, Pemerintah (Kementerian, BPPT, LPI, BATAN), Industri, dosen, mahasiswa dan asosiasi untuk dapat  mendesiminasikan 'Aplikasi Energi dan Teknologi Maju Untuk Kemajuan bangsa. "Mudah-mudahan dengan ada acara ini dijadikan menambah pengetahuan," katanya.

Sementara itu, dalam SEMNASTEK 2016 ini menurut Ketua Panitya Semnastek 2016 Dr. Ir. Tri Yuni Hendrawati, MSi, panitia telah menyeleksi sebanyak 210 makalah, dengan perincian: 183 makalah lolos seleksi dan 27 makalah tidak lolos seleksi oleh tim reviewer. tim reviewer dari BPPT, BATAN, Universitas Gunadharma, Poltek Bandung, UI dan UMJ yaitu Prof. Ir. Sasi Kirono, MSc. APU, Dr. Mulya Juarsa, S.Si., M.Esc., Dr. Ir. Roesmadi Soejoeti, ME., Prof. Dr. Ir. H. Koesmawan, MSc. MBA. DBA., Prof. Dr. Achmad Beny Mutiara, S.Si. M.Kom., Dr. Hartono Budi Santoso, MT., Prof. Dr. Ing. Ir. Misri Gozan, M.Tech., Dr. Ir. Dalhar Susanto, Dr. Nurul Hidayati Fithriyah, ST., MSc., Dr. Tri Yuni Hendrawati, ST., MSi., Dr. Ir. Budiyanto, MT., Dr. Ir. Ismiyati, MT., Dr. Ratri Ariatmi Nugrahani, ST., MT. Dan Dr. Happy Indira Dewi, ST., MT.

Dengan sebaran bidang peminatan yaitu: Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Sains Teknologi Relevan. Makalah yang kami terima berasal dari Ujung Barat Aceh, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bangka Belitung, Surabaya, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Madura, Bali, Maluku dan Jakarta serta Maumere Papua.

Sehingga, SEMNASTEK 2016 memenuhi syarat sebagai Seminar Nasional dengan prosiding on line. Para sponsor Semnastek 2016 meliputi  PT. Gilland Ganesha, PT. MR Group (Ir. Marwan Ramis), Laboratorium  Teknik Sipil UMJ, Indonesia Exim Bank, Bank Mandiri Syariah, Bank Mandiri, Bapak Ir. Maryono dari PT. Krakatau Posko sebagai donator pribadi, PT. Berathi, PT. Banshu Grup, para alumni.

Dalam acara ini ditampilkan Paduan Suara Fakultas Teknik Mahasiswa UMJ yang telah berprestasi di Tingkat Internasional. Viva Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam prestasi dan kolaborasi.

Dan Makalah yang dipresentasikan berasal dari diantaranya Lhokseumawe, Aceh, Medan, Kalimantan, Sulawesi, Yogyakarta, Surakarta, Bandung, Bogor, Palembang, Medan, Padang, Magelang, Malang, Banten, Bangka Belitung, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Makasar,  Ternate, Maluku,  Maumere,  Jakarta, Banten.

Seminar Nasional ini diikuti oleh dosen peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi  di Indonesia, serta beberapa praktisi dan Industri, hal ini sekaligus sebagai ajang silaturrahmi, ajang komunikasi dan informasi dalam membahas perkembangan ilmu pengetahuan dan hasil riset/penelitian yang telah dilaksanakan.

SEMNASTEK 2016, juga merupakan bentuk kepedulian Perguruan Tinggi dalam mengembangkan kegiatan riset dan penelitian di berbagai bidang keteknikan antara lain Rekayasa Energi, Energi alternatif, teknik telekomunikasi,  Rekayasa perangkat lunak, peralatan alat berat di industri, serta sistem produksi.

Ditempat terpisah, menurut Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Budiyanto,MT Seminar Nasional ini diselenggarakan setiap tahunnya dalam partisipasi Fakultas Teknik dalam menuju pendidikan tinggi yang Unggul, Kompeten dan Islami. Pada kesempatan ini juga telah dilaunching kegiatan Semnastek 2016 dan Seminar Internasional 2016 di Fakultas Teknik. (Sah)

 

Sumber :http://www.kabarfaktual.com/2016/11/semnastek-2016-ajang-fakultas-teknik.html